Pada awal April atau tepatnya tanggal 2-4 April 2017 telah dilakukan visitasi ke Unnur dalam rangka AIPT (Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi) oleh 3 (tiga) orang asesor yaitu Prof. Dr. Ir. Mursalim dari Universitas Hasanudin Makasar selaku Ketua Tim, Prof. Dr. Ir. Sekartedjo, M.Sc. dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya selaku anggota Tim, dan Prof. Dr. Augusty Ferdinand, DBA dari Universitas Diponegoro Semarang, selaku anggota Tim.

Mekanisme visitasi dimulai dari ucapan Selamat datang oleh Rektor Unnur yang dilanjutkan dengan perkenalan seluruh pejabat Unnur mulai pengurus Yayasan (Ketua BPH Unnur), pejabat Rektorat (Rektor & Wakil Rektor, para Kepala Biro, Ketua PJM, Ketua SPI, Ketua LPPM, Direktur Pascasarjana dan para Dekan serta beberapa anggota Tim Penyusun AIPT).  Dilanjutkan perkenalan Tim Asesor. Berikutnya verifikasi Borang yang dikirim Unnur ke BAN-PT yang diteruskan ke para asesor melalui wawancara dan kegiatan observasi. Idealnya observasi diakukan di kampus 1 & kampus 2 namun karena kendala waktu untuk kampus 2 kita sampaikan melalui media gambar. Sedang untuk kampus 1 dilakukan observasi ke fasilitas pendidikan yang ada di FT, FE, dan FIKI serta Rektorat.

Kegiatan verifikasi dilakukan melalui wawancara kepada pejabat terkait yang memverifikasi bukti-bukti  dokumen yang dirasa masih kurang dalam Borang yang dikirim. Hasil akhir visitasi berupa Berita Acara Visitasi yang ditandatangani oleh ketiga asesor dan Rektor Unnur. Semoga Unnur memperoleh nilai AIPT seperti yang sama-sama kita harapkan.